Vaksinasi Lansia Dimulai Hari Ini, Apa Bedanya?

  • Mar 12, 2021
  • Desa Waru

[caption id="attachment_4681" align="aligncenter" width="300"] Vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia) Wonogiri dimulai hari ini. Ternyata perbedaan khusus vaksinasi lansia dan masyarakat usia muda produktif.[/caption]

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/3/2021), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dr Adi Dharma mengatakan masa tenggang suntikan vaksin pertama dan suntikan booster kedua tidak 14 hari melainkan 28 hari bagi lansia.

“Hal ini disebabkan faktor imunogenic pada lansia terjadi lebih lambat. Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikan booster (vaksinasi kedua) dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya.

Sebanyak 208 ribu lansia Wonogiri telah terdaftar sebagai sasaran penerima vaksin. Namun demikian pada prakteknya, vaksinasi akan dilakukan sesuai dengan kondisi kesiapan para lansia tersebut, terutama berkaitan dengan mereka yang memiliki komorbid tertentu.

[caption id="attachment_4679" align="aligncenter" width="300"] Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono, yang melakukan peninjauan langsung ke lokasi vaksin di Kompleks RSUD dr Soediran, Jumat (12/3/2021) mengatakan bahwa vaksinasi bagi lansia merupakan skala prioritas pemerintah.[/caption]

“Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI. Bukan berarti kita mendahulukan golongan yang ini, bukan, tapi karena datanya jelas, lengkap dan siap, maka pensiunan, tokoh agama, veteran dan PWRI mendapat jatah vaksinasi lebih dahulu,” kata Haryono.

Menurutnya, vaksinasi bagi lansia akan terus bergulir sesuai dengan jumlah kedatangan vaksin. Direncanakan, vaksinasi bagi lansia ini akan selesai pada Bulan Juni atau Juli dan dapat dilanjutkan vaksinasi bagi prioritas selanjutnya.

[caption id="attachment_4680" align="aligncenter" width="300"] Ditemui di lokasi vaksin, Sularto (60 tahun), warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini.[/caption]

“Saya tentunya senang dan saya mendukung sekali pelaksanaan vaksinasi ini. Saya yakin vaksinasi ini akan membuat kita, khususnya lansia, terhindar dari penyakit Covid-19,” ujar Pensiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri ini.

Penulis : SIKP_kominfowng

https://wonogirikab.go.id/index.php/vaksinasi-lansia-dimulai-hari-ini-apa-bedanya/