Musrenbangdes Tahun 2023 Desa Waru dalam rangka penyusunan RKPD 2024 Kabupaten Wonogiri

  • Jan 31, 2023
  • Webadmin Desa Waru, Slogohimo, Wonogiri

Waru.desa.id,- Musrenbangdes Tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD 2024 Kabupaten Wonogiri di Desa Waru dilaksanakan pada Rabu, 25/01/2023. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan satu bagian yang penting dalam proses perencanaan pembangunan. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Penyusunan RKPD adalah forum musyawarah para pemangku kepentingan (stakeholder) desa, untuk menyepakati finalisasi usulan program dan kegiatan prioritas desa yang akan diajukan dan dibahas pada Musrenbang Kecamatan.

Musrenbangdes ini dihadiri oleh Unsur BPD, RT/RW, LKM, KPMD, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Difabel. Musyawarah ini juga dihadiri dari oleh Forkompimcam Kecamatan Slogohimo  yaitu Bapak Hariyadi (Sekcam Slogohimo), UPT Puskesmas, Danramil Slogohimo, Kapolsek Slogohimo. dan Tim Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa. Acara diselenggarakan di Balai Desa Waru dipimpin oleh Bapak Wisnu Sejati Kepala Desa, dan Ibu Yuliani selaku Sekretaris Desa yang menyampaikan paparan untuk diskusi dalam musyawarah.

Pada kegiatan musrenbangdes ini juga digunakan untuk penyampaian realisasi APBDes tahun anggaran 2022 meliputi penyampaikan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan di Tahun 2022, proyeksi pendapatan dan belanja tahun 2022, ini merupakan salah satu bentuk keterbukaan informasi publik Pemerintah Desa Waru kepada masyarakat, penyampaian ini agar diteruskan kepada masyarakat oleh Kepala Dusun, RT/RW yang mengampu wilayah.

Dalam Musrenbang 2023 untuk penyusunan RKPD tahun 2024 Kabupaten Wonogiri  ini  menghasilkan usulan yang akan disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan antara lain : Pembangunan Drainase Jalan Kabupaten ruas Butuh – Donoloyo, Pembangunan Drainase Jalan ruas Sanan - Gaton, Pembanguann Rabat Beton Jalan Kabupaten Sanan – Gaton dan Pembangunan Rumah Kompos untuk pemberdayaan warga masyarakat dalam pengelolaan sampah serta Mesin pengolah sampahts