Sosialisasi Pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs Desa Tahun 2021

waru.desa.id, WARU- Sosialisasi pendataan indek desa membangun (IDM) berbasis SDGs Desa di Desa Waru dilaksanakan pada Jum’at, 2 April 2021. diikuti oleh peserta yang tediri atas Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua/Anggota BPD, Ketua RT dan RW yang disampaikan oleh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. SDGs Desa pada prinsipnya sudah dilaksanakan oleh desa sesuai dengan kewenangan desa sebagaimana dalam UU Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa. SDGs atau (Suistanable Development Goals) Desa merupakan hasil dari SDGs (global) dengan menambahkan poin kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Sosialisasi SDGs Desa Waru Kecamatan Slogohimo.

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021,setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.
Sosialisasi SDGs Desa Waru Kecamatan Slogohimo.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan sinergitas atau kerjasama antara stakeholder dengan pokja pendataan guna mempercepat proses pendataan yang akan dilaksanakan, serta dapat disebarluaskan kepada masyarakat melalui Ketua RT/RW agar masyarakat tahu dan paham akan dilakukannya pendataan ini sehingga nantinya Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Desa, RT, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan.” kata Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru). ts

 

Jadi yang Pertama Berkomentar