Desa Waru Melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD 2022

Musrenbangdes 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD 2022

waru.desa.id, WARU – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau Musrenbangdes Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD 2022 di Desa Waru dilaksanakan pada Rabu, 20/01/2021.  Musrenbangdes Penyusunan RKPD adalah forum musyawarah para pemangku kepentingan (stakeholder) desa, untuk menyepakati finalisasi usulan program dan kegiatan prioritas desa yang akan diajukan dan dibahas pada Musrenbang Kecamatan. Pada musrenbangdes tahun ini berbeda dengan tahun kemarin mengingat adanya pandemi Covid-19 sehingga ada pembatasan jumlah peserta yang hadir.

Musrenbangdes 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD 2022

Musrenbangdes ini dihadiri oleh Unsur BPD, RT/RW, LKM, KPMD, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta keterwakilan difabel dengan peserta kurang dari 30 orang. Musyawarah ini juga dihadiri dari oleh Forkompimcam Kecamatan Slogohimo  yaitu Bapak Sri Suwarno selaku kasi PPM Kecamatan Slogohimo, Kapolsek Slogohimo yang diwakili oleh Bapak Shodikul. dan Tim Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa. Acara diselenggarakan di Balai Desa Waru dipimpin oleh Bapak Wisnu Sejati Kepala Desa, dan Ibu Yuliani, sekretaris desa yang menyampaikan paparan untuk diskusi dalam musyawarah.

Musrenbangdes 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD 2022

Pada kegiatan musrenbangdes ini juga digunakan untuk penyampaian realisasi APBDes tahun anggaran 2020 meliputi penyampaikan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan di Tahun 2020, proyeksi pendapatan dan belanja tahun 2020, ini merupakan salah satu bentuk keterbukaan informasi publik Pemerintah Desa Waru kepada masyarakat, penyampaian ini agar diteruskan kepada masyarakat oleh Kepala Dusun, RT/RW yang mengampu wilayah.

“Alhamdulillah roses musyawarah ini berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehata memngingat pandemi covid19 ini yang belum juga usai, dan juga musyawarah ini memerlukan koordinasi antar stakeholder dan partisipasi aktif seluruh pelaku pembangunan. Hasil dari musrenbang ini harus mengacu untuk  pencapaian pembangunan program yang menjadi prioritas, serta dalam rangka penyelarasan program pembangunan Desa dengan Kabupaten terutama agar dapat mengentaskan terutama masalah kemiskinan dan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat agar apa yang dicita-citakan segera terealisasi untuk kemajuan Wonogiri,” kata Bapak Wisnu Sejati, Kepala Desa Waru.

Musrenbangdes 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD 2022

Musyawarah ini mengenghasilkan usulan yang akan disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan dan juga tim delegasi desa yang akan mengikuti musrenbang tingkat kecamatan, usulan tersebut juga akan di upload pada website yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri yakni https://wonogirikab.sipd.kemendagri.go.id/.ts

Jadi yang Pertama Berkomentar