UPTD Puskesmas Slogohimo Melakukan Sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru Pencegahan Covid19

waru.desa.id, WARU – UPTD Puskesmas Slogohimo menggencarkan kembali sosialisasi adaptasi kebiasaan baru kepada elemen masyarakat Desa/Kelurahan sebagai upaya mencegah penularan dan penyebaran virus Covid19 di masing-masing wilayah Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan Slogohimo, di Desa Waru acara dilaksanakan pada Senin, 21/12/2020 bertempat di Balai Desa Waru. Perlu diketahui bahwa penyebaran Covid19 saat ini mengalami peningkatan, untuk itu perlu dilakukan kembali kegiatan ini sebagai upaya untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan sejak awal.

Sosialisasi Adaptasi Baru Pencegahan Covid19 oleh UPTD Puskesmas Slogohimo.

Dengan adanya sosialisai kebiasaan baru diharapkan kepada masyarakat agar dapat menerapkan protokol kesehatan yang berlalu dan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan kebiasaan baru yakni dalam kehidupan sehari sehari untuk melakukan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Pada sosialisasi ini juga disampaikan materi tentang vaksinasi dan juga satgas jogo tonggo yang bertujuan dalam penanganan kejadian Covid19 yang apabila terjadi di wilayah Desa/kelurahan.

Dalam Sosialisasi ini dr. Inggit wulan Sari menyampaikan pentingnya adaptasi warga masyarakat dengan Covid19 ini yang belum juga usai dan mengalami peningkatan yang ada di kabupaten Wonogiri ini. Untuk itu guna upaya pencegahan perlu digalakkan kembali sebagai langkah-langkah bersama antara Pemerintah Kecamatan / Forkompimcam dan juga Pemerintah Desa bersama masyarakat. Selain itu beliau juga menyampaikan kaitan dengan materi Vaksin Covid19 yang saat ini sedang dilakukan uji klinis, bahwa vaksin ini nantinya dapat digunakan oleh warga masyarakat dan merupakan langkah untuk mengurangi wabah Covid19 ini.

Drs. Khamid Wijaya, MM ( Camat Slogohimo ) memberikan sambutan pada acara Sosialisasi ini.

“Masyarakat harus berpartisipasi untuk dapat memutuskan mata rantai penularan covid19 ini, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari hari, menerapkan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak. Dalam penggunaan masker sehari hari juga harus benar artinya menutupi dengan sempurna bagian hidung dan mulut, masih banyak kita temui warga masyarakat yang dalam penggunaan masker masih keliru serta masker yang tidak standar.” Kata dr Inggit Wulan Sari

Kepala Desa Waru, Wisnu Sejati pada kesempatan ini juga menyampaikan kaitan dengan satgas jogo tonggo dalam penanganan Covid19 yakni dengan cara gotong royong warga dalam menghadapi masyrakat apabila ada yang terkena Covid19 dan melakukan isolasi mandiri, satgas jogo tonggo melibatkan semua unsur masyarakat. Wisnu sejati juga mengucapkan terimakasih kepada satgas Jogo tonggo Dusun Butuh serta kader-kader dan masyarakat dalam menangani warga yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid19 pada bulan juli lalu. ts

Jadi yang Pertama Berkomentar