Wisnu Sejati Meraih Penghargaan STBM Awards 2020 dari Kementrian Kesehatan RI

waru.desa.id, WARU- Kementrian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada Wisnu Sejati, Kepala Desa Waru yaitu STBM Awards tahun 2020. Penghargaan ini diberikan Kementerian Kesehatan RI pada puncak Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) STBM pada Jumat (13/11/2020) melalui media / daring dan live youtube yang juga disaksikan di Balai Desa Waru. Penghargaan yang diraih oleh Wisnu Sejati ini berdasarkan kategori Lurah/Kepala Desa yang turut berperan dalam upaya merubah perilaku masyarakat desa yang bersih dan sehat dengan menerapkan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat diantaranya : 1) Stop buang air besar sembarangan/Stop BABS, 2) Cuci tangan pakai sabun/CTPS 3) Pengelolaan air minum dan makanan, 4) Pengelolaan sampah, 5) Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Wisnu Sejati, Kepala Desa Waru mendapatkan penghargaan STBM Awards tahun 2020

Penghargaan STBM Awards ini dianugerahkan kepada kepada 21 Kabupaten/Kota yang berhasil meraih 100% Stop BAB Sembarangandan juga kepada Kabupaten/Kota Terbaik berdasarkan kategori. Selain Kabupaten/Kota, Menteri Kesehatan RI  juga memberikan penghargaan kepada 29 Sanitarian terbaik, 71 Natural Leader terbaik serta 71 Kepala Desa terbaik yang diusulkan dari masing Kabupaten/Kota yang memiliki inovasi dalam peningkatan dan penarapan 5 pilar STBM.

Wisnu Sejati, Kepala Desa Waru mendapatkan penghargaan STBM Awards tahun 2020

Di Desa Waru sendiri penerapan 5 pilar STBM sudah dilakukan sejak beberapa tahun kebelakang yang juga merupakan tindak lanjut visi dan misi Kepala Desa Waru, mulai dari penerapan Bantuan Keuangan Prov/Kab maupun dari anggaran APBDes untuk menunjang kegiatan kebersihan lingkungan maupun dengan kampanye kebersihan lingkungan seperti pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), jambanisasi, pembangunan IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah) Komunal hingga pembentukan Bank Sampah maupun sosialisasi hidup bersih dan sehat seperti gerakan CTPS (Cuci Tangan pakai Sabun) yang digalakkan kepada masyarakat melalui Kader Kesehatan Desa.

Kepala Desa foto Bersama Perangkat Desa dan Lembaga Desa Waru.

“Dengan penghargaan ini semoga menambah motivasi saya bersama dengan Pemerintah Desa guna menuju menjadi lebih baik lagi yaitu dalam menjadikan Desa Bersih dan Sehat. Pemerintah Desa juga terus berupaya memanfaatkan anggaran dalam rangka pembangunan yang bersifat untuk mendukung pola hidup sehat dan stop BABS yaitu dengan Pembangunan RTLH dan jambanisasi. Dan juga penghargaan ini merupakan hasil yang diraih seluruh warga masyarakat Desa Waru yang telah menerapkan 5 pilar STBM, tanpa kekompakan dan sinergitas pemerintah desa, kader kesehatan dan seluruh warga masyarakat Desa Waru, seorang Wisnu Sejati tidak bisa untuk mendapatkan penghargaan ini, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada semuanya” Kata Wisnu Sejati.

STBM Awards tahun 2020 Kategori Lurah/Kepala Desa.

Pada STBM Awards tahun 2020 ini di Kecamatan Slogohimo ada 2 orang yang mendapatkan penghargaan ini yakni Wisnu sejati pada kategori Lurah/Kepala Desa dan juga Ninik Suryani pada kategori Natural Leader. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat membah semangat individu dan kelompok guna menuju penerapan 5 pilar STBM untuk semakin baik. ts

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar