Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Sejati Desa Waru

waru.desa.id, WARU – Bertempat di Balai Desa Waru, Kamis 22/09/2020 Pemerintah Desa Waru bersama dengan BPD melakukan musyawarah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan badan usaha yang berada di Desa dan dikelola serta mengelola sesuai dengan kebutuhan dn potensi Desa. Pembentukan BUMDes ini ditetapkan dengan Peraturan Kepala Desa. Hadir dalam musyawarah desa pembentukan BUMDes ini, Sekretaris Camat Slogohimo, Bapak Agus Pramono,STTP,M.HUM, Kasi PPM,  Bapak Sri Suwarno,MM , Pendamping Desa, Ibu Parmi,S.Pd dan Bapak Teguh Prihananto,SE serta peserta musyawarah ini terdiri dari BPD, tokoh masyara­kat, dan tokoh pemuda.

Musyawarah Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Pendirian BUMDes ini merupakan tindak lanjut rencana Pemerintah Desa Waru dalam rangka untuk usaha dan pemberdayaan yang ada di Desa, lebih lanjut bahwa pengelolaan atau unit usaha yang akan dijalankan di Desa Waru yaitu unit usaha pelayanan, produksi dan juga pengelolaan persewaan untuk usaha masyarakat serta dengan didirikannya BUMDes di Desa Waru adalah untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah Desa yaitu Pendapatan Asli Desa (PAD) serta memfasilitasi kegiatan perekonomian masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai potensi yang ada.

Musyawarah Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

“Dengan dibentuknya Badan Usama Milik Desa pada tahun ini kita berharap untuk bersama sama turut mengembangkan apa yang menjadi usaha dalam rangka kemajuan BUMDes ini. Setelah terbentuk ini nanti di tahun anggaran berikutnya ada penganggaran untuk pengembangan modal usaha, di awal pembentukan atau jalannya usaha biasanya akan menemukan hambatan – hambatan, untuk itu kami berharap kerjasama dan diawali dengan semangat gotong royong untuk kelancaran bersama.” Kata Wisnu Sejati, Kepala Desa dalam sambutannya.

Musyawarah Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terbentuk ini diberi nama Bumdes Mitra Sejati, dengan harapan unit usaha yang dijalankan dapat bermitra dengan usaha dan juga UMKM yang selama ini belum ada wadah untuk pemasaran yang lebih baik, semua berharap yang akan datang BUMDes dapat dikelola dengan baik dan memberikan perubahan ekonomi bagi masyrakat,minimal ini juga mengurangi angka pengangguran yang ada di Desa Waru Khususnya. ts

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar