Panen Padi Lahan Demplot PT Petrokimia Gresik di Dusun Butuh

waru.desa.id, BUTUH – Panen padi pada lahan demonstration plot (demplot) PT Petrokimia Gresik dilaksanakan di Dusun Butuh Desa Waru Kecamatan Slogohimo pada Selasa, 14/7/2020. Yang menjadi lawah demplot yakni sawah Bapak Tarmo, Ketua Kelompok Tani “Tri Mulyo Tani” Dusun Butuh dan Bapak Agung Krisdianto, Kepala Dusun Butuh. Hasil panen kali ini dibandingkan dengan panen sebelumnya mengalami peningkatan produktivitas, di lahan demplot ini menggunakan bibit padi ir64, pupuk non-subsidi NPK Phonska Plus, Petroorganik, Phonska dan Urea.

Panen Demplot Padi PT Petrokimia Gresik.

Program Demplot ini merupakan bentuk layanan sekaligus praktek pembelajaran yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik kepada petani dalam rangka untuk mendorong produktifitas lahan dan hasil pertanian masyarakat secara langsung dengan memperhatikan penggunaan pupuk secara tepat dan berimbang sehingga hasil panen yang didapatkan lebih maksimal. Adapun komposisi pola pemupukan berimbang yang diterapkan pada demplot ini adalah NPK Phonska Plus (100 kg/ha), Petroganik (500 kg/ha), Phonska (200 kg/ha),  Urea (200 kg/ha).

Panen Demplot Padi PT Petrokimia Gresik.

“Potensi sumber daya lahan sawah di Desa Waru ini juga luas dan juga mayoritas masyarakatnya juga sebagai petani maka demplot padi ini merupakan salah satu upaya dari PT Petrokima Gresik sebagai penyedia pupuk tanaman, dengan memberikan edukasi kepada petani kaitan dengan penggunaan pupuk secara tepat atau berimbang serta mewujudkan produktivitas pertanian yang maksimal.” kata Bapak Afik Dwi Warsono, Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik.

Panen Demplot Padi PT Petrokimia Gresik.

Dari hasil panen demplot ini mengalami peningkatan produktivitas hasil, pada sampel lahan yang diubin dengan ukuran 2,5 m x 2,5 m dihasilkan bobot padi 5,8 kg yang merupakan hasil yang naik dibanding dengan panen pada musim-musim sebelumnya. Dan juga hasil panen seluruhnya mengalami peningkatan produktivitas, hal ini merupakan sebuah jawaban dari petani untuk PT Petrokimia Gresik karena telah dipercaya sebagai demplot dalam rangka peningkatan produktivitas yang luar biasa serta mengedukasi bagi petani di Dusun Butuh pada khususnya dan Desa Waru pada umumnya. ak

Posted in Kabar Desa, Kelompok Tani and tagged , , , , , .