Kader Pembangunan Manusia (KPM) diberi Pelatihan Aplikasi eHDW Secara Daring

Pelatihan Aplikasi eHDW di Desa Waru

waru.desa.id, WARU – Bertempat di Kantor Desa Waru, pada hari selasa 14 Juli 2020 diadakan kegiatan pelatihan penggunaan Aplikasi Human Developmen Worker (eHDW) bagi Kader Pembangunan Manusia. Pelatihan aplikasi ini juga didampingi oleh Bidan Desa, KPMD dan juga perangkat desa. Dalam masa pandemi covid-19 saat ini metode pelatihan dilakukan dengan 2 pola latihan yakni melalui belajar mandiri dengan pengenalan dan pengorganisasian informasi melaui grub whatsapp se Kabupaten Wonogiri yang dibuat oleh Bidang PPLK Dinas PMD Kabupaten Wonogiri dan juga melalui Zoom Meeting.

Pelatihan Aplikasi eHDW di Desa Waru dilakukan secara Daring

Pelaksanaan pelatihan yang melalui zoom meeting tersebut difasilitasi oleh masing-masing kantor desa. Perlu diketahui bahwa Aplikasi eHDW adalah aplikai yang digunakan oleh Kader Pembangunan Manusia untuk mendukung Desa dalam fasilitasi konvergensi pencegahan stunting. Aplikasi ini dikelola oleh Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Ditjen PPMD, Kementerian Desa PDTT. Sedangkan Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah warga masyarakat desa yang bekerja membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan sumberdaya manusia di desa.

Pelatihan Aplikasi eHDW di Desa Waru

Dalam penyampaiannya melalui zoom meeting salah satu narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Wonogiri dalam paparanya tentang Peran dan Tugas KPM menyampaikan bahwa siapapun bisa menjadi KPM jika berasal dari warga masyarakat desa setempat, diutamakan berpengalaman sebagai kader masyarakat, diutamakan bidang pembangunan manusia seperti kader posyandu, dan kader kesehatan lainnya serta guna menunjang aplikasi eHDW ini perlu didukung dengan seluler android 5.

Pelatihan Aplikasi eHDW di Desa Waru

Diharapkan dari kegiatan pelatihan secara daring untuk Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa ini dapat menggunakan dan menginput data melalui aplikasi itu telepon seluler mereka masing-masing dan juga dengan pendampingan pelatihan yang diberikan sehingga KPM dapat memahami dan dapat menjalankan tugas pendataan yang lebih baik. ts

Jadi yang Pertama Berkomentar