Sosialisasi Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Cilik di SD Negeri I Waru

waru.desa.id, SANAN – TP PKK Desa Waru Kecamatan Slogohimo memberikan sosialisasi juru pemantau jentik (jumantik) cilik di SD Negeri I Waru, Sabtu (18/01/2020) Kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi kelas 4 dan 5 yang merupakan agenda rutin TP PKK Desa guna penyuluhan mengenai bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) serta cara memberantas sarang nyamuk dan mensukseskan gerakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan satu rumah satu jumantik.

Siswa/Siswi Berfoto Bersama pada Sosialisasi Jumantik cilik.

Bapak Marsudi, yang mewakili Kepala Sekolah dalam sambutannya berterimakasih kepada TP PKK Desa Waru yang menyelenggarakan sosialisasi jumantik cilik di SD N I Waru, dan berpesan kepada siswa/siswi untuk memperhatikan dengan seksama dan bersikap aktif dalam kegiatan ini.

Ibu Haryatmi (Ketua TP PKK) dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Desa Waru, Ibu Haryatmi menyampaikan tentang pentingnya peran jumantik cilik dalam pemberantasan sarang nyamuk dan juga mengibaratkan jumantik cilik sebagai detektif guna mencegah berkembangnya nyamuk aides aigepty yang menyebabkan demam berdarah. Selain itu Beliau berpesan kepada siswa/siswi yang menjadi jumantik cilik ini untuk menerapkan dan membantu menyebarkan ilmunya kepada teman/tetangga dengan tujuan agar semua menjadi tahu dan tidak lupa jugauntuk selalu menciptakan kebersihan lingkungan guna meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Waru.

Ibu Warsini menyampaikan materi tentang Jumantik Cilik.

Materi sosialisasi Jumantik Cilik ini disampaikan oleh Ibu Warsini (Puskesmas Slogohimo) yang juga Bidan Desa. Dalam penyampaiannya mengajak seluruh siswa/siswi untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjelaskan mengenai pengertian Jumantik dan Demam Berdarah Dengue (DBD), ciri-ciri nyamuk DBD, gerakan PSN, ciri-ciri penyakit DBD hingga cara mengatasi gigitan nyamuk. Terlihat siswa/siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini, selain materi juga diisi dengan menyanyi bersama yaitu lagu Gerakan satu rumah satu jumantik dan juga doorprize bagi siswa/siswi yang bisa menjawab pertanyaan terkait dengan materi sosialisasi ini.

Siswa/Siswi Kelas 4 dan 5 SD Negeri I Waru.

Selanjutnya siswa/siswi diberikan form pemantau jentik untuk diisi dari pantauan di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah masing-masing. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa/siswi dapat menanamkan pentingnya perilaku hidup sehat serta sadar akan pentingnya gerakan PSN dengan metode 3M Plus yakni menguras, menutup dan mendaur ulang plus memakai larvasida, lotion anti nyamuk atau kelambu pada tempat tidur. ts

 

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Kesehatan and tagged , , , .