PPL Desa Waru Memberikan Cara Penanganan Penyakit Jamur Tanaman Padi Kepada Petani

waru.desa.id, WARU – Mayoritas masyarakat Desa Waru bermata pencaharian sebagai petani dan komoditas yang ditanam yakni tanaman padi, salah satu ancaman petani setelah tanaman pada masa pertumbuhan adalah hama dan penyakit jamur. Akibat dari serangan jamur pada tanaman padi tersebut dapat menimbulkan dampak kerugian bagi para petani dan bisa dapat menurunkan tingkat produktivitas, untuk itu sebagian petani meminta solusi atau penanganan dari Penyuluh Pertanian guna mengatasi masalah Penyakit jamur tersebut.

Bapak Bangun (Penyuluh Pertanian) Bersama Para Petani.

Bapak Bangun, PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) yang bertugas di Desa Waru pada Jum’at, 7 Februari 2020 berkeliling di area persawahan petani guna meninjau tanaman padi milik petani. Beliau mengapresiasi para petani yang berperan aktif guna penanganan penyakit jamur tersebut. “Penyakit jamur pada tanaman dapat menurunkan produktivitas serta kualitas tanaman yang dihasilkan, lebih parahnya dapat berdampak gagal panen, oleh karena itu perlu penangagan cepat guna menyelamatkan tanaman padi tersebut” kata Bapak Bangun.

Terkait dengan penyuluhan mengatasi penyakit jamur pada tanaman tersebut, Bapak Wahyu Santoso (Kepala Dusun gaton) menyambut baik inisiatif para petani yang menanyakan kepada petugas Penyuluh guna memberikan pendampingan kepada para petani untuk mengatasi masalah penyakit tanaman yang mengganggu produktivitas para petani. Hal senada juga dikatakan oleh Bapak Widodo (Kepala Dusun Sanan) terkait dengan inisiatif petani, kebetulan beberapa petak tanaman padinya terserang penyakit jamur, dikatakannya beliau menanam bibit padi yang baru akan tetapi tetap terkena penyakit tersebut, untuk itu beliau menanyakan solusi dini yang tepat guna mengobati tanaman padinya.

Menerangkan Ciri Jamur serta Solusi untuk mengatasinya.

Menurut Bapak Bangun, Pengendalian dari masalah penyakit jamur dan juga hama yang menyerang tanaman padi adalah dengan cara pemberian obat/ penyemprotan fungisida pada tanaman yang terkena penyakit jamur dengan aturan atau dosis yang tepat, serta pemberian obat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh), Penggunaan pupuk kimia yang tidak berlebih serta memilih jenis bibit padi yang tahan penyakit, karena mayoritas yang terkena penyakit jamur adalah jenis padi yang sama. ts

 

 

 

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Kelompok Tani and tagged , , , , .