Bupati Wonogiri Menghadiri Musrenbang Kecamatan Slogohimo Tahun 2020

waru.desa.id, SLOGOHIMO – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Slogohimo tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 dilaksanakan pada Selasa,(25/02/2020) bertempat di Pendopo Kecamatan Slogohimo. Kegiatan Musrenbang ini dihadiri oleh Bupati Wonogiri, Bapak Joko Sutopo atau yang familiar dipanggil Mas Jekek. 

Bapak Joko Sutopo (Bupati Wonogiri) pada Musrenbang Kecamatan Slogohimo. (dok. Bapeda & Litbang Kab. Wonogiri)

Turut hadir pada kegiatan Musrenbang Kecamatan ini yakni Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Bapak Suyoto dan Bapak Catur Winarko, Bappeda & Litbang Kabupaten Wonogiri, Forkompimcam Kecamatan Slogohimo, Kepala Dinas Instansi se Kecamatan Slogohimo, dan pada Musrenbang Kecamatan Slogohimo tahun ini melibatkan banyak peserta kurang lebih 650 orang mulai dari Delegasi Instansi, Delegasi Desa meliputi semua Ketua RT/RW, penerima manfaat bantuan pemerintah, dan juga diikuti oleh forum anak, perempuan dan juga pelajar.

Drs. Khamid Wijaya,MM (Camat Slogohimo) dalam sambutannya menyampaikan agar dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan ini peserta dapat mengusulkan program dalam rangka peningkatan kesejahteraan warga baik itu bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan selaras dengan program dari Pemerintah Kabupaten, selanjutnya beliau menambahkan mengenai suksesnya Panca Program Bupati Wonogiri, dalam 4 tahun kepemimpinan Bapak Joko Sutopo dan Bapak Edi Santoso dalam pengentasan angka kemiskinan dan pembangunan di kabupaten Wonogiri.

Bapak Drs. Khamid Wijaya,MM (Camat Slogohimo) dalam Sambutannya. (dok. Bapeda & Litbang Kab. Wonogiri)

Pada kesempatan Musrenbang Kecamatan ini Bupati Wonogiri, Bapak Joko Sutopo menyampaikan tentang prioritas Pembangunan Kabupaten Wonogiri, yakni penurunan angka kemiskinan. Perlu diketahui bahwasanya awal kepemimpinannya angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri yakni 13,12 % dan saat ini menjadi 10,25 %.  Selain untuk menurunkan angka kemiskinan, Bupati akan terus memprioritaskan program-program yang berkaitan dengan Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak dan Pendidikan, dan juga mempersiapkan generasi milenial menjadi generasi hebat guna membangun Kabupaten Wonogiri.

Peserta Musrenbang Kecamatan Slogohimo. (dok. Bapeda & Litbang Kab. Wonogiri)

Bupati berharap pada kegiatan musrenbang Kecamatan Slogohimo ini akan muncul usulan-usulan yang berupa pemberdayaan masyarakat maupun kegiatan guna pengentasan masalah kemiskinan demi arah pembangunan Kabupaten Wonogiri yang semakin baik. Pada kesempatan ini Bupati Wonogiri juga menyampaikan capaian kinerja pemerintah kabupaten yang mendapat penghargaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) meraih peringkat 3 se-Jawa Tengah dan masuk kategori BB.

Peserta Musrenbang Kecamatan Slogohimo.
(dok. Bapeda & Litbang Kab. Wonogiri)

Dipandu oleh Bappeda & Litbang Kabupaten Wonogiri, ada beberapa usulan pada musrenbang kecamatan slogohimo kali ini diantaranya yaitu optimalisasi honor PKK Desa/Kelurahan, Bantuan untuk difabel, pengembangan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pasar tradisional. menjelang ditutup acara Bapak Joko Sutopo mendapat hadiah dari pemuda Desa Sokoboyo, yakni hasil karya seni lukisan Bapak Bupati yang dibuat dengan pensil. ts

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Pemerintahan and tagged , , , .