Bimtek Peningkatan Kapabilitas SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa Kecamatan Slogohimo Tahun 2019

waru.desa.id, SLOGOHIMO- Dalam menjalankan roda pemerintahan pada tingkat desa, Kepala Desa dan Perangkat Desa mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar terutama dalam pengelolaan anggaran keuangan desa yang setiap tahunnya nilainya bertambah besar. Untuk itu Pemerintah Kecamatan Slogohimo memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapabilitas SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan pada hari Rabu, 6 November 2019.

Drs. Khamid Wijaya, MM dalam sambutannya

Kegiatan bimtek ini dibuka langsung oleh Camat Slogohimo, Drs. Khamid Wijaya, MM didampingi oleh Sekretaris Camat Sarosa, MM dan diikuti oleh 45 orang peserta dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Slogohimo yakni masing-masing Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa serta dari Pendamping Desa di Kecamatan Slogohimo. Dalam sambutannya Camat Slogohimo menegaskan tentang pentingnya kapabilitas SDM Kades beserta perangkat dalam membangun desa dan pengelolaan anggaran desa.

“Pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin dan ini menjadi perhatian penting bagi Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten, mengingat kucuran dana yang diterima oleh desa saat ini cukup besar dan setiap tahun mengalami peningkatan.” kata Drs. Khamid Wijaya, MM.

Peserta Bimtek Peningkatan Kapabilitas SDM Kades dan Perangkat Desa.

Pada bimtek ini bertindak sebagai narasumber yaitu Semedi Budi Wibowo, S.H ( Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri), Sigit Prasetyo, S.Psi.,M.Si.,CFra (Inspektorat Kabupaten Wonogiri)  dan Amir Akbar Nurul Qomar S.H (Kejaksaan Negeri Wonogiri).

Pada paparannya Semedi Budi Wibowo, S.H selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri menyampaikan tentang asas, prinsip dan peran Pemerintah Desa dan Masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa, menyangkut pihak-pihak yang harus terlibat dalam rangka penyusunan APBDes meliputi Pemerintah Desa (Kades dan Perangkat), BPD, Perwakilan warga masyarakat berbagai unsur dan juga peran Bupati dalam melakukan pembinaan, evaluasi dan pengawasan melalui camat dan dinas terkait.

Peserta Bimtek Peningkatan Kapabilitas SDM Kades dan Perangkat Desa.

Adapun peraturan-peraturan yang terkait dengan Dana Desa disampaikan oleh Amir Akbar Nurul Qomar S.H selaku Kasi Intel Kejaksaan Negeri Wonogiri, serta penyampaian tentang penyaluran dan prioritas penggunaan Dana Desa dalam rangka percepatan pembangunan desa, ada 4 program prioritas yaitu Prukades (Produk Unggulan kawasan Desa), membangun Embung Desa, Bumdes (Badan Usaha Milik Desa), membangun Raga Desa(Sarana Olahraga Desa) dan juga program pemberdayaan masyarakat. serta penyampaian asas pengelolaan keuangan desa yang Partisipatif, Transparan, Akuntabel guna menuju tertib dan disiplin anggaran.

Sigit Prasetyo, S.Psi.,M.Si.,CFra dari Inspektorat Kabupaten Wonogiri, menyampaikan tentang Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Desa,pentingnya disiplin anggaran dan prioritas penggunaan dana pada 4 bidang yakni penyelenggaran pemerintah desa, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan. serta menyampaikan tentang temuan-temuan yang sering muncul dalam pelaksanaan penggunaan anggaran yang menimbulkan potensi masalah. dan dengan kegiatan bimtek ini kedepannya harus lebih ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan desa guna menuju desa yang tertib administrasi. admin1

 

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Penggunaan Dana Desa and tagged , , .