Pelatihan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif di Desa Waru

waru.desa.id, WARU – Pemerintah Desa Waru mengadakan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat berupa pelatihan dan pengembangan usaha rumah tangga. Salah satu contohnya adalah Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif bagi masyarakat Desa Waru khususnya para Ibu rumah tangga dan anggota PKK Desa pada hari rabu 6 Agustus 2019 di Balai Desa Waru. Kegiatan ini melibatkan Pokja 3 PKK Desa Waru yang sesuai tupoksi yaitu Mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga .

Bapak Alfiyadi dalam sambutannya pada pelatihan Usaha Ekonomi Produktif.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dengan materi terdiri dari pelatihan pembuatan kripik singkong, kerupuk karak serta kiat-kiat dalam menjalankan usaha rumahan atau home industri. Dalam sambutannya Bapak Alfiyadi selaku Pj. Kepala Desa Waru menyampaikan perlunya pelatihan kelompok usaha ini guna memotivasi warga masyarakat untuk mengembangkan usaha industri kecil sehingga meningkatkan perekonomian keluarga. Karena membangun Desa tidak hanya fisik atau sarana dan prasarana saja, tetapi pemberdayaan masyarakat atau pembangunan SDM juga sangatlah penting, terutama industri rumah tangga.

Peserta Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal dari Pemerintah Desa Waru dalam rangka pemberdayaan kelompok usaha rumah tangga, kegiatan ini bersumber dari Dana Desa dan setelah pelatihan ini untuk tahun anggaran yang akan datang desa berencana untuk menyediakan alat-alat untuk produksi industri rumahan.” ucap Bapak Alfiyadi.

Peserta Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif.

Ibu Eri Mulat Yulia yang merupakan ketua pokja II PKK Desa Waru turut memberikan materi terkait dengan kiat-kiat dalam memulai usaha kepada peserta, tentang bagaimana tantangan dalam memulai usaha. Karena selain berprofesi sebagai Guru PNS, beliau juga memiliki beberapa Usaha, antara lain warung kelontong, Jenang dan juga usaha budidaya jamur, yang dapat menginspirasi warga lain untuk ikut mengembangkan usaha.

Salah hasil Produksi Warga Desa Waru.

Ibu Suryati Harianja selaku ketua TP-PKK Desa Waru mengatakan, jumlah kaum perempuan di desa ini banyak namun partisipasi dan peran aktifnya masih belum maksimal dalam hal industri rumah tangga, diharapkan kaum perempuan dapat menjadi pelaku pembangunan ekonomi, melalui usaha ekonomi produktif. Yang dapat diusahakan oleh kaum perempuan di pedesaan, maka perbaikan ekonomi di desa juga akan mengalami peningkatan. admints

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai