Sarasehan Bupati Wonogiri Bersama Dengan Perangkat Desa se-Kabupaten Wonogiri

waru.desa.id, Bertempat di Pendopo Kabupaten (25/2) Bupati Wonogiri, Bapak Joko Sutopo mengadakan kegiatan sarasehan bersama dengan Perangkat Desa kabupaten Wonogiri yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), kegiatan ini terselenggara dalam rangka silaturahmi Bupati dengan Perangkat Desa.

Bapak Joko Sutopo (Bupati Wonogiri)

Dalam kegiatan tersebut Bapak Suparjo, selaku ketua PPDI kabupaten Wonogiri dalam sambutannya i mengucapkan terimakasih kepada perangkat desa yang berkenan hadir dalam acara sarasehan ini, selanjutnya beliau menegaskan terkait dengan peran fungsi perangkat desa guna pelayanan yang optimal serta program – program dari Desa harus bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Drs Edi Sutopo, M.si selaku asisten Setda kabupaten Wonogiri dalam sambutannya menjelaskan terkait dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, Beliau memaparkan bahwasanya tiap tahun angka kemiskinan di kabupaten Wonogiri perlahan lahan mengalami penurunan, serta menjelaskan bahwasanya target kabupaten di tahun 2021 angka kemiskinan dapat tercapai pada 9,5 % dimana dalam tahun ini prosentase masih pada angka 10,7 % yang mana ini sudah mengalami penurunan daripada tahun 2016 sebesar 11,8 %.

Perangkat Desa se-Kabupaten Wonigiri yang hadir dalam acara sarasehan.

Bapak Setyo Sukarno selaku Ketua DPRD Kabupaten Wonogir  yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada perangkat desa agar program yang berjalan di desa dapat bersinergi dengan program kabupaten Wonogiri, dimana ini bertujuan dalam rangka peningkatan Kesejahteraan masyarakat, Desa harus ikut mengeksekusi dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Bapak Joko Sutopo, dalam acara sarasehan ini menegaskan bahwasanya perlu adanya sinergi antara Pemerintah Kabupaten dengan pemerintah Desa dalam rangka kesejahteraan warga Wonogiri, begitu juga sinergi antara kabupaten dengan provinsi dan juga nasional, dalam kesempatan ini Bapak Joko Sutopo juga memaparkan prestasi dan hasil dari pembangunan yang berjalan selama 3 tahun beliau memimpin Kabupaten Wonogiri ini ,guna terwujudnya visi misi kabupaten Wonogiri yang tertuang dalam  “Panca Program’ Bupati Wonogiri yaitu : 1. Alus Dalane 2. Rame Pasare 3. Sehat Wargane 4. Pinter Rakyate 5. Sukses Petanine.

Selain melaporkan hasil pembangunan selama 3 tahun kepemimpinan beliau, Bupati Wonogiri juga memaparkan kegiatan yang akan dilaksanakan beliau dalam 2 tahun berikutnya antara lain peningkatan kesejahteraan meliputi rehab rumah tidak layak huni dan juga pendidikan dasar gratis dan pelayanan kesehatan gratis, yang dalam hal ini bapak Joko Sutopo mengajak seluruh pemerintah Desa untuk bersinergi dalam rangka kegiatan tersebut guna pengentasan kemiskinan di kabupaten Wonogiri ini.

Perangkat Desa se-Kabupaten Wonigiri yang hadir dalam acara sarasehan.

Dalam akhir sambutannya Bupati Wonogiri berpesan kepada seluruh masyarakat Wonogiri untuk menjaga kondusifitas akibat dari tahun politik yang sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan umum pileg dan pilpes 2019, pesan beliau agar menjauhi isu sara serta jangan menyebarkan berita bohong atau hoax  dan juga mengingatkan warga agar tidak terlibat money politics.

“Saya berpesan kepada bapak perangkat desa agar disampaikan kepada masyarakat, bahwa tahun ini merupakan tahun politik. Hati-hati dalam penggunaan hak pilihannya. Jangan mau terkena money politik dan berurusan dengan hukum, masyarakat harus cerdas, jangan terjebak dengan isu sara ataupun berita bohong yang dapat memecah belah persatuan , dan dalam memilih sebiknya didasari dengan ilmu titen,” ucap bapak Joko Sutopo.

Perangkat Desa se-Kabupaten Wonigiri yang hadir dalam acara sarasehan.

Sebelum acara sarasehan selesai Bupati Wonogiri mempersilahkan kepada perangkat desa untuk menyampaikan testimoni atau uneg-uneg terkait dengan 3 tahun kepemimpinannya memimpin Kabupaten Wonogiri ini, dan Beliau juga berpesan kepada perangkat desa untuk menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apabila dalam 3 tahun ini beliau belum optimal dapat melaksanakan apa yang diamanatkan oleh masyarakat, selanjutnya Beliau akan merutinkan kegiatan sarasehan dengan perangkat Desa setiap 6 bulan sekali. ts 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai