Pelatihan Perangkat Desa Kabupaten Wonogiri di BPSDMD Jawa Tengah Tahun 2018

waru.desa.id, – Pemerintah Kabupaten Wonogiri melakukan kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah atau BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dalam rangka pelatihan Perangkat Desa Kabupaten Wonogiri khususnya perangkat desa baru hasil seleksi pada akhir tahun 2017. Tujuan diadakan pelatihan ini diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan,kedisiplinan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas pekerjaan, baik yang bersifat umum pemerintahan maupun terhadap masyarakat yang berorientasi pada pelayanan prima.

Wahyu Santoso, Agung Krisdianto, Sarmono, Tri Sutanto

Pelatihan bagi perangkat desa Kabupaten Wonogiri ini terbagi menjadi 4 Gelombang, masing masing gelombang terdiri dari 4 angkatan Secara keseluruhan kegiatan ini  diikuti oleh 694 perangkat baru Kabupaten Wonogiri yang tersebar di 25 Kecamatan. Perangkat Desa Waru yang ikut pada pelatihan gelombang 4  dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 Oktober 2018 sebanyak 4 orang yang merupakan perangkat baru hasil seleksi pada akhir tahun 2017 yaitu Sarmono (Kasi Pelayanan), Tri Sutanto (Kasi Pemerintahan), Agung Krisdianto (Kadus Butuh) dan Wahyu Santoso (Kadus Gaton).

Perangkat Desa Baru Kecamatan Slogohimo

Acara pembukaan gelombang 4 yang dilaksakan di Aula Muria BPSDMD Jateng dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Wonogiri, Bapak Edi Santoso. Beliau mengatakan pelatihan yang diberikan kepada para Perangkat Desa yang baru di Kabupaten Wonogiri merupakan inovasi dari Kabupaten Wonogiri yang bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan , sikap dan sumber daya Perangkat Desa dan di akhir sambutannya beliau juga memberikan motivasi bagi peserta untuk bersemangat dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dengan baik.

Pelaksanaan Apel Pagi Sebelum memulai materi

Dalam pelatihan Perangkat Desa yang dilaksanakan selama 4 hari, materi-materi yang diberikan dengan tujuan peningkatan mutu Perangkat Desa dengan metode ceramah, pemberian materi, diskusi/seminar antara lain Kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Administrasi Desa, Produk Hukum Desa, MateriKeuangan Desa, Pencegahan Tindak Pidana Korupsi serta Materi Pelayanan Prima, dengan Pengajar/Widyaswara yang kompeten pada Bidangnya sehingga materi yang disampaikan mudah dipahami, dan juga terdapat Pembimbing dan Pengasuh atau dipanggil Binsuh dari Akademi Kepolisian (Akpol) yang bertugas melatih kedisiplinan peserta pelatihan.

Kedisiplinan dalam Kegiatan

Pelatihan Perangkat Desa gelombang 4 ditutup pada tanggal 11 Oktober 2018 yang ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Bapak Suharno. Diharapakan setelah pelatihan ini, perangkat desa baru mampu membawa perubahan bagi Pemerintahan Desa menuju yang lebih baik.

 

 

 

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Pemerintahan and tagged , , .