Musrenbangdes Desa Waru Dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2019

waru.desa.id, WARU  – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) , dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa atau RKPDesa tahun 2019 di Desa Waru Kecamatan Slogohimo dilaksanakan pada hari selasa 4 september 2018 berjalan lancar, rapat berlangsung pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan Musrengbangdes ini  dihadiri oleh BPD Desa Waru, Lembaga Desa Waru, tokoh masyarakat dan juga Tim I dari Kecamatan Slogohimo yaitu Pak Sarosa selaku Sekcam Slogohimo dan juga Ibu Aisyah dan Pak Wando dari pendamping desa.

Kepala Desa Waru bersama Tim dari Kecamatan Slogohimo

 

Penyusunan program dan kegiatan RKP desa yang bersumber dari APBN yaitu Dana Desa tahun 2019 untuk sementara berpedoman pada pagu Dana Desa tahun 2018, begitu juga dengan yang bersumber dari APBD Kabupaten yaitu Alokasi Dana Desa tahun 2019 untuk sementara berpedoman pada pagu Alokasi Dana Desa tahun 2018. Dalam penyusunan program dan kegiatan RKP Desa ini berpedoman dari hal -hal berikut :

  1. Hasil kesepakatan musyawarah desa
  2. Pendapatan Asli Desa
  3. Rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten
  4. RPJM Desa
  5. Hasil kesempakatan kerja sama antar Desa
  6. Hasil kesepakatan kerjasama Desa dengan pihak ketiga
  7. Program dan kegiatan yang mendesak khususnya untuk kegiatan-kegiatan penguatan perekonomian, pertanian, pendidikan, kesehatan, pengentasan keniskinan dan pembangunan/perbaikan insfrastruktur sarana prasarana pelayanan masyarakat dilingkunhan perdesaan.

Peserta Musrenbangdes RKPdesa 2019

Dalam kesempatan Musrenbangdes ini, Pak Larmin (Kasi Kesejahteraan) menyampaikan latar belakang dan juga tujuan diadakan musrenbangdes RKPdes 2019 ini yang didalammnya memuat beberapa rancangan-rancangan terkait untuk rencana di tahun 2019, meliputi 4 bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan pemerintaahan, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat. dan diharapkan dalam kegiatan ini mendapatkan daftar skala prioritas usulan kegiatan dari peserta serta evaluasi kegiatan pada tahun sebelumnya, sehingga didapat hasil berupa dokumen RKPdesa yang memuat daftar prioritas pembangunan desa.

Peserta berdiskusi serta memberi usulan usulan dr bawah desa ( Masyarakat, RT, RW, Dusun)

Pada kesempatan ini peserta Musrenbangdes, diberikan kesempatan untuk menanggapi pemaparanyang telah disampaikan serta diberikan waktu untuk berdiskusi dan memberikan usulan terkait kegiatan yang belom di cover pada pemaparan tersebut dan dihasilkan prioritas kegiatan di tahun 2019 , dipimpin oleh pak Alfiyadi (Sekretaris Desa) pada forum diskusi dan usulan ini akhirnya didapat beberapa  usulan yang menjadi skala prioritas untuk dikerjakan pada tahun anggaran 2019 mendatang. admin

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai