Rangkaian Perlombaan Antar Desa di Kecamatan Slogohimo Dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018

waru.desa.id, SLOGOHIMO – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri, menggelar beberapa rangkaian perlombaan guna memeriahkan dan juga menyemarakkan bulan Agustus tahun 2018 ini, sebanyak 15 Desa, 2 Kelurahan dan juga Dinas/Instansi yang berada di wilayah Kecamatan Slogohimo ikut serta dalam perlombaan yang diselenggarakan seperti perlombaan pada bidang olahraga, kesenian, keagamaan dan kebersihan lingkungan.

Tim Sepakbola Pordes Desa Waru 2018

Pada tahun ini perlombaan pada bidang olahraga yang dipertandingkan antara lain sepakbola, bola voli putra dan putri, juga bulu tangkis. Pelaksanaan pertandingan sepakbola dilaksanakan di lapangan bondalem Desa Slogohimo mempertemukan 15 Desa dan 2 Kelurahan dengan sistem gugur, untuk bola voli dilaksanakan di lapangan bulusari Kelurahan Bulusari.

Tim Voli Putra Desa Waru

Tim Voli Putri Desa Waru

Tak kalah menarik adalah Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI), dengan peserta santri-santri TPQ dan juga Madrasah Diniyah yang berada di wilayah Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan pada hari minggu (5/8/2018) bertempat di Pendopo Kecamatan, ini merupakan wadah yang bagus untuk mecetak potensi anak-anak untuk memiliki sikap yang baik.

Personil Lomba Nretek (Kentongan Ronda) Desa Waru

Dibidang kesenian ada Lomba kothekan lesung (alat menumbuk padi) dan juga lomba nretek (kentongan ronda) , ini sebagai bentuk pelestarian budaya masyarakat desa yang pada jaman dulu merupakan aktivitas sehari hari masyarakat desa, dilihat dengan antusias penonton yang banyak saat menyaksikan perlombaan berlangsung di Pendopo Kecamatan membuktikan bahwasanya kegiatan ini sangat bagus untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 73.

Personil Linmas Waru mengikuti lomba PBB Linmas

Pada tahun 2018 ini Kecamatan Slogohimo juga menambahkan kegiatan perlombaan baru yang pada tahun-tahun sebelumnya belum dilaksanakan yaitu lomba PBB (baris berbaris) Linmas Desa/Kelurahan dengan peserta masing-masing 10 orang setiap Desa, memberikan tontonan yang bagus kepada masyarakat, hal ini juga bertujuan untuk menunjukkan bahwasanya Linmas memiliki fungsi penting dalam tatanan masyarakat desa, selain itu ada perlombaan memasak mpasi berbahan dasar lokal (non beras dan terigu) yang diikuti oleh perwakilan ibu-ibu PKK tiap desa.

Lomba K3 Desa Waru yang pada tahun ini diwakili dari Dusun Gaton

Pak Khamid Wijaya (Camat Slogohimo) dan Pak Sarosa (Sekcam) memantau lampu hias dan keindahan desa pada malam hari

Kecamatan Slogohimo juga secara rutin mengadakan lomba kebersihan, keindahan, dan ketertiban (K3) antar Desa/Kelurahan , peserta lomba K3 ini masing-masing Desa/Kelurahan diwakili oleh Dusun yang telah ditunjuk oleh Desa tersebut. Dengan adanya lomba K3 ini  diharapkan akan semakin menambah semangat dan kepedulian warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan serta semakin peduli dalam pengelolaan sampah.

Penilaian lomba administrasi desa tahun 2018

Pada tahun 2018 ini juga diadakan lomba administrasi desa guna  untuk mengevaluasi kinerja aparatur Pemerintahan Desa yang kegiatan ini dinilai oleh tim evaluasi dari Kecamatan Slogohimo dan pendamping desa Kecamatan Slogohimo yang dilaksanakan sesuai terjadwal untuk tiap-tiap desa. Kegiatan ini bermafaat bagi aparatur agar bisa memahami tupoksi masing masing agar dapat dilaksanakan sesuai ketentuan adminstrasi dan aturan perundang undangan yang berlaku.

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai