Verifikasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Desa Waru oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri

waru.desa.id, WARU – Kamis 19/7/2018 Desa Waru kedatangan Tim verifikasi dari Dinas Kesehatan kabupaten Wonogiri guna untuk memverifikasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau Desa STBM.

Kepala Desa Waru memberikan sambutan

Apa itu STBM?  yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku hidup berih, sehat dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat melalui lingkungan sekitar, mencakup 5 pilar yaitu :

  1. Stop buang air besar (BAB) sembarangan.
  2.  Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.
  3. Mengelola air minum dan makananrumah tangga.
  4. Mengelola sampah rumah tangga.
  5. Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Tim Verifikator Desa STBM

Acara verifikasi dimulai sekitar pukul 09.30 wib dimulai dengan pembukaan yang bertempat di Balaidesa Waru, dibuka oleh pembawa acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya , Mars PKK kemudian sambutan sambutan dari Kepala Desa Waru, Wisnu sejati kemudian dari Camat Slogohimo atau yang mewakili kemudian dilanjutkan oleh ketua Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Bu Warti mewakili Camat Slogohimo memberikan sambutan

Dalam sambutannya Wisnu Sejati selaku Kepala Desa Waru memaparkan profil desa serta penggunaan dana desa atau anggaran APBDes untuk pembangunan atau peemberdayaan dalam rangka menuju desa yang sehat dan bersih. sekitar 9,7% dari APBdes yang digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan Masyarakat atau kurang lebih Rp 148.450.000,- pada tahun 2018 ini.

Tim memberikan pertannyaan dan juga melakukan pengecekan rumah pada Warga

Acara Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Puisi tentang pentingnya kesehatan oleh ananda Fathiya Nurul F siswi kelas V yang sudah sering menjuarai lomba puisi atau menulis buku, kemudian penampilan menari cuci tangan oleh ananda Osa dan kawan – kawan setelah itu ada penampilan Drama dari Rekan – rekan KKN UNS (Universitas Sebelas Maret) yang menceritakan tentang pentingnya cuci tangan dam mengolah makanan.

Kemudian setelah itu Tim Verifikator kemudian berkeliling Desa Waru, menjadi 4 tim masing – masing menuju ke 4 Dusun yang ada yaitu Dusun Sanan, Dusun Waru, Dusun gaton dan Dusun Butuh. Tim memulai verifikasi dengan mendatangi kurang lebih 15 rumah tiap dusunnya kemudian melakukan wawancara dengan pemilik rumah tentang beberapa aspek penilaian yang berkaitan dengan STBM, kurang lebih 2 jam tim melakukan verifikasi dan kembali ke balai desa untuk istirahat makan dan juga shalat dhuhur setelah itu tim memberikan gambaran sedikit tentang kondisi penilaian di Desa Waru, dan selanjutnya berharap  menjadi Desa STBM setelah pada tahun 2016 Desa Waru mendapat Penghargaan Terbaik II Desa Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Admin

 

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai