Kekompakan Warga Desa Waru dalam Menyambut Verifikasi STBM sekaligus Menjelang HUT kemerdekaan RI ke 73

waru.desa.id, WARU – Bersama Kita Bisa merupakan slogan dari Desa Waru yang memiliki makna dengan kerja kebersamaan maka akan bisa mencapai visi dan misi Desa, hal itu tercermin pada keiatan kerja bakti atau gotong royong yang beberapa hari terakhir ini dilakukan oleh warga masyarakat Desa Waru. Dari semua Dusun (Sanan, Waru, Gaton, Butuh) warga melakukan kerja bersama dalam rangka menyambut tim verifikasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) sekaligus persiapan menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73.

Wisnu Sejati Bersama warga Dusun gaton membuat tulisan – tulisan di papan kayu

Dimulai Dusun Gaton yang melakukan persiapan yaitu dengan membuat tulisan – tulisan di sebilah papan kayu yang merupakan pesan – pesan kepada warga desa agar menjaga lingkungan di desa serta kesehatan warga, yang kemudian tulisan tersebut di pasang di sudut dusun yang strategis sehingga dapat dilihat dan dibaca oleh warga masyarakat Dusun, kemudian juga penyediaan tempat sampah yang memilah antara sampah organik dengan sampah non organik, yang bertujuan untuk memilah sampah yang dibuang yaitu dengan didaur ulang, sampah organik akan didaur ulang menjadi kompos yang nantinya sebagai pupuk dan yang non organik akan dikumpulkan di bank sampah Desa Waru yang dan dimanfaatkan untuk membuat kerajinan seperti tas atau tempat tisu.

Pemasangan umbul -umbul oleh pemuda – pemuda di Dusun Butuh

Di Dusun Butuh pun tak ketinggalan untuk persiapan yaitu dengan memasang umbul – umbul dan bendera merah putih serta pengecatan atau istilahnya nglabur jalan penghubung antar desa, juga membuat tulisan – tulisan di papan kayu yang berisi pesan-pesan terhadap kebersihan lingkungan. “Kegiatan ini juga dilakukan malam hari mengingat di siang hari masih sibuk dengan aktivitas masing-masing karena sedang musim panen, dan saya sangat berterimakasih kepada warga Dusun atas kekompokan kerja ini” Ucap Agung Krisdianto selaku Kepala Dusun Butuh.

mengecat /nglabur jalan di malam hari Dusun Butuh

Di Dusun Waru dan Dusun Sanan juga melakukan kegiatan yang sama, memasang umbul – umbul dan menata lingkungan sekitar yang ada, dengan kerja bersama seperti ini lebih cepat dan lebih mudah serta meningkatkan kekompakan dan silaturahmi antar warga, selain itu juga sebagai ajang pertukaran ide antar warga tentang kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan untuk memeriahkan Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73.

salah satu contoh tulisan yang berisi pesan kepada masyarakat

“Saya mewakili Pemerintah Desa Waru  sangat berterimakasih kepada  semua Warga Desa waru dalam berpartisipasi untuk persiapan verifikasi Desa sanitasi Total Berbasis Masyarakat serta dalam rangngka menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, mari kita jaga kekompakan ini untuk mewujudkan visi & misi Desa Waru, dan kedepannya menjadi Desa yang berkemajuan.” kata Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru). Admin

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa, Lingkungan, Pemerintahan, Tokoh Masyarakat and tagged , , .