Desa Waru ikuti Lomba Poskamling dalam rangka Peringatan HUT Bhayangkara

waru.desa.id, SANAN – Kegiatan  lomba poskamling  dilaksanakan di Poskamling Sanken (Sanan Kilen) Dusun Sanan Rt 001 Rw 001  pada hari jum’at 29/6/2018. sebelumya warga masyarakat Dusun Sanan  sudah mempersiapkan beberapa hal yang perlu ditambahkan guna kelengkapan untuk penilaian, mengingat di Dusun Sanan ini kegiatan siskamling dan juga ronda malam sudah rutin dilakukan, selaiin ronda malam juga dialakukan pengambilan jimpitan di tiap-tiap rumah warga.

Tim Penilai sedang mengecek kondisi fisik dan kelengkapan poskamling

Tim penilai dari  Sat Binmas Polres Wonogiri dipimpin Iptu Hartoyo dan didampingi Ipda Edi Santoso , Ipda Mulyadi  dan Brigadir  Paryanto.

Wisnu Sejati (Kades Waru) memberikan sambutan

Hadir dalam acara kegiatan lomba poskamling Forkompincam Kecamatan  Slogohimo, Kepala Polsek Slogohimo, Kepala Polsek se eks Distrik Purwantoro beserta anggota Bhabinkamtibmas dan tamu undangan.
Iptu Hartoyo dalam sambutannya mengatakan kegiatan lomba poskamling   yang dilaksanakan di Dusun Sanan Rt 001 Rw 001 Desa Waru Kecamatan  Slogohimo bertujuan menggugah  dan menyemangati  warga masyarakat agar pengamanan dan ketertiban Desa  ditingkatkan ditiap – tiap  dusun  atau desa  se eks Distrik Purwantoro sehingga tercipta kamtibmas yang kundusif aman dan khususnya Wilayah Kabupaten Wonogiri.

Pak Sarosa (SekCam Slogohimo) dalam sambutannya mewakili Camat Slogohimo

kriteria dalam penilaian lomba ini yaitu administrasi poskamling meliputi kelengkapan alat dan juga administrasi serta tata cara warga yang sedang melakukan ronda seperti praktek memukul kentongan dan juga peragaan adegan tindak pidana ringan yang melibatkan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) serta adegan tentang tindak pidana yang melibatkan kepolisian dalam penangan kasusnya.

Iptu Hartoyo dalam sambutannya di lomba Poskamling di Dusun Sanan

dalam pelaksaaannya tim peniali melakukan pengecekan kelengkapan poskamling serta mengajukan pertanyaan kepada warga yang pada hari itu mendapat jatah untuk ronda malam tentang bagaimana kelengkapan administrasi poskamling serta tata cara dalam kegiatan ronda malam.

Pak Kasimin (Kapolsek Slogohimo) bersama Wisnu Sejati

setelah itu diadakan dengan adegan simulasi penangan kasus yang pada intinya dapat diselesaikan oleh Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) dan Babinkamtibmas yaitu kasus berebut jatah air irigasi, dalam peragaannya yang dilakukakan oleh perangkat Desa Waru, Adegan atau simulasi yang kedua yaitu cerita tentang penangkapan kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh warga Dusun Sanan, dalam adegaannya ada warga yang ingin main hakim sendiri terhadap pelaku karena dinilai telah mencoreng nama baik desa serta melakukan tindakan yang tidak terpuji, personil ronda mencoba untuk mencegah dan kemudian ada pelaporan kepada kepala Dusun kemudian Kepala Desa dan terakhir ke anggota kepolisian Polsek Slogohimo. dalam simulasi tersebut intinya semua permasalahan dapat diselesaikan dengan cara masing-masing tergantung dari tingkatannya dan juga warga masyarakat agar tidak main hakim sendiri terhadap tersangka.

Tim Penilai bersama Anggota FKPM (Pak Widodo, Pak Larmin, Pak Alfiyadi, Pak Sarmono, Pak Lamin)

Setelah simulasi tersebut tim penilai dari Polres Wonogiri memberi arahan dan juga masukan terkait apa yang kurang dari poskamsing dan juga memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya hukum yang ada di negara ini serta bagaimana cara menyelesaikan permasalahan  atau kasus di wilayah desa yang berkaitan dengan hukum. Setelah itu dilanjutkan acara makan dan juga diiringi dengan hiburan musik dari warga Dusun Sanan kemudian penutupan acara.

Antusias warga Desa Waru melihat acara Lomba oskamling di Dusun Sanan RT 01 RW 01

Dirgahayu Bhayangkara ke 72 NKRI Jaya…… !!!

Link Video :

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai