Pemanfaatan Sumur Pantek yang Berada di Desa Waru

waru.desa.id, BUTUH – Sudah beberapa bulan ini di wilayah Desa Waru belum turun hujan sehingga ketersediaan air terutama untuk aliran irigasi petani kekurangan, dengan kondisi yang terjadi seperti ini rupanya tidak membuat putus asa  petani di Desa Waru  Kecamatan Slogohimo untuk menanam tanaman padi. Keterbatasan air itu memacu mereka untuk memanfaatkan sumur pantek yang ada di sekitar areal sawah mereka agar sawah para petani dapat terairi dengan baik. Terutama di Dusun Butuh terdapat 3 (tiga) sumur  pantek bantuan dari APBD / Pemerintah yang dimanfaatkan oleh para petani, selain itu terdapat beberapa sumur pantek hasil dari swadaya petani sendiri.

pemanfaatan sumur pantek yang berada di persawahan Dusun Butuh

Selain untuk mengairi aliran irigasi persawahan, di Desa Waru sumur pantek juga terdapat di lingkungan warga masyarakat khususnya untuk ketersediaan air bersih untuk warga desa, pembangunan sumur pantek ini bersumber dari dana APBD provinsi, mulai dibangun pada tahun 2015.

Sumur Pantek dari dana APBD TA 2016

Sumur pantek/ bor di area persawahan petani ini dikelola oleh kelompok tani dalam penggunaannya, khususnya di Dusun Butuh terdapat kelompok tani yaitu “Tri Mulyo Tani” dalam penggunaan penyedotan air sudah dijadwal antar petani sehingga tidak merugikan satu sama lain, dan juga kelompok tani menyediakan mesin genset untuk menyedot air dari sumur pantek. mengingat aliran dari sungai maupun dam yang ada tidak mencukupi untuk irigasi petani saat musim jarang hujan sepertini ini sumur pantek sangat diperlukan agar tanaman padi tidak gosong sehingga tidak terjadi gagal panen.

“Sumur pantek ini jadi pilihan utama pengairan persawaah saat jarang hujan seperti saat ini, biasanya petani menyedot bersamaan dengan gilir perairan dari sungai sehingga dapat merata ke seluruh area sawah.” kata salah satu Petani di Dusun Butuh

Dengan adanya sumur pantek ini maka manfaatnya sangat dirasakan oleh petani selain untuk penyediaan air bersih juga untuk antisipasi kekeringan lahan sawah para petani.

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai