Kilas Balik bulan Ramadhan 1439 H

waru.desa.id, WARU – Kalender Hijriah sudah menunjukkan tanggal 8 syawal 1439 H. Itu artinya, sudah 8 hari ini bulan Ramadhan berlalu, Sekedar kilas balik beberapa kegiatan dalam mengisi amaliah bulan Ramadhan 1439 H, pengurus Masjid dan juga mushola di Desa Waru terdapat berbagai macam kegiatan-kegiatan.

Kepala Desa Waru ( Wisnu Sejati) memberi kultum pada jaamaah shalat taraweh

Beberapa kegiatan tersebut antara lain menyelenggarakan Buka Puasa Bersama , Tadarus al-quran , Penerimaah Zakat Infaq Sadakah, , Belajar membaca al-quran metode tsaqifa, tarling dengan rombongan dari Kecamatan Slogohimo dan beberapa kegiatan menarik lainnya yang bisa diikuti oleh semua jamaah, baik anak anak hingga usia lanjut yang berada di Desa waru dan sekitarnya.

kegiataan tarling dari rombongan kecamatan Slogohimo

Buka Puasa Bersama sebagai salah satu kegiatan atau agenda Ramadhan 1439 Hijriah dengan berbagai macam hidangan, aneka takjil disajikan dalam jumlah yang cukup tersedia bagi jamaah yang melaksananakna kegiatan buka bersama.

Pelaksanaan Sholat Tarawih di Masjid dan Mushola di Desa Waru  ini menggunakan 11 Rakaat yang terdiri dari 8 Rakaat untuk Shalat Tarawih dan 3 Rakaat untuk Shalat Witir.   Adapun yang menjadi imam sholat Isya dan tarawih serta petugas pemberi Kultum juga sudah disusun setiap harinya hingga akhir Ramadhan. Pada malam ke 19 bulan ramadhan atau tanggal 4 Juni 2018 terdapat kegiatan taraweh keliling dari rombongan Kecamatan Slogohimo yang pelaksanaannya di Masjid Umar bin Khattab Dusun Sanan Desa Waru, yang diantaranya beliau bapak camat Slogohimo (Khamid Wijaya) berserta staff kecamatan dan juga Ust Hartanto selaku pengisi tausiah.

Penetapan tanggal 1 syawal atau Idul Fitri oleh pemerintah ditetapkan pada tanggal 15 juni 2018, dengan ini maka kegiatan malam takbiran dilaksanakan pada jum’at dan pelaksanaan sholat ied pada Hari jum’at pagi dengan panitia pelaksaanaan oleh masyarakat Dusun Gaton Desa Waru.

Tradisi atau adat masyarakat Desa Waru terdapat acara Halal Bihalal atau istilah Bakdo Dolanan yaitu pelaksanaan halal bihalal sehari setelah shalat ied, warga berkumpul warga masyarakat di rumah Kepala Dusun (Sanan, Waru, Gaton, Butuh) dengan acara mendengarkan pengajian dari mubaligh serta ditutup dengan salaman atau jabat tangan antar warga se Dusun.

Pemerintah Desa Waru mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1439 H, Mohon Maaf lahir dan batin.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai