Pendataan Potensi Desa (PODES) di Desa Waru Tahun 2018

waru.desa.id, WARU – Pendataan Potensi Desa (Podes) di Desa Waru dilaksanakan pada hari kamis 17 mei 2018 oleh pendamping PKH Kecamatan Slogohimo yang juga sebagai mitra dari Badan Pusat Statistik (BPS), pendataan potensi desa ini merupakan program nasional. Oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pendataan Potensi Desa (Podes) ini nantinya akan menghasilkan data berbasis kewilayahan yang dimiliki oleh semua tingkatan wilayah administrasi pemerintahan: kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan, dan untuk Desa khusunya Data Podes 2018 diharapkan juga mampu untuk mengevaluasi dana desa yang telah dikucurkan Pemerintah.

Yuliani (Kaur Umum & Perencanaan) membantu proses pendataan oleh Eni (Pendamping PKH)

Pendataan di Desa Waru ini dimulai sekitar pukul 09.00 wib oleh pendamping PKH yang juga sebagai mitra dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan melakukan wawancara dengan Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru) Larmin (Kasi Kesejahteraan) dan Yuliani (Kaur Umum & Perencanaan) serta dengan melihat buku potensi desa serta buku administrasi yang ada di Desa Waru guna unruk melengkapi isian formulir yang diisi oleh petugas pendamping untuk memenuhi isian data yang akurat tentang keberadaan dan perkembangan potensi desa. Meliputi sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah. Menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa, dan sebagainya, serta data yang diinput tersebut sesuai dengan kondisi yang ada di Desa Waru.

Data Pendataan podes nanti berguna untuk mengevaluasi kerja pemerintah desa selama ini, juga perencanaan desa kedepannya. serta program apa yang dibutuhkan oleh desa, pencapaian penggunaan dana desa serta untuk melihat perkembangan status desa.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai