Gotong Royong Warga Masyarakat Petani Memperbaiki Saluran Irigasi

waru.desa.id, WARU – Warga Masyarakat Dusun Waru dan Dusun Gaton hari ini Selasa 15 mei 2018, melaksanakan kegiatan gotong royong memperbaiki saluran irigasi, terutama warga masyarakat yang area sawahnya teraliri oleh aliran dari sungai mbelik udal, perbaikan saluran ini meliputi pelebaran saluran dan pengerukan tanah  yang menghambat jalannya aliran air pada saluran tersebut.

Wisnu Sejati (Kepala Desa) Mengobrol dengan petani

Warga sangat antusias dalam kegiatan gotong royong ini mengingat sangat pentingnya aliran air untuk mengaliri tanaman padi warga mengingat sudah beberapa minggu ini belum turun hujan sehingga sangat penting sekali pengairan yang lancar untuk digunakan oleh petani, dengan membawa berbagai alat kerja seperti cangkul, angkong dan bahan bahan seperti  adukan semen  dan bahan bangunan, warga memulai kegiatan ini sekitar pukul 07.30 wib.

warga membersihkan saluran irigasi

Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru) mengapreasi kegiatan warga petani ini, menurutnya kegiatan gotong royong ini sangat bagus mengingat kegiatan perbaikan ini juga sangat diperlukan dan dirasakan oleh petani demi kelancaran pengairan untuk area persawahan yang digunakan untuk tanaman petani terutama tanaman padi yang memasuki umur dua bulan padi atau masa masa dimana aliran air harus stabil, dan agar hasil panen yang didapat oleh petani maksimal. Beliau juga menambahkan agar kegiatan seperti  bergotong royong mereka memperbaiki saluran yang macet, membersihkan sampah dan memperlebar saluran air yang menyempitsehingga aliran air menjadi lancar.

Berkat kerja bergotong royong, pekerjaan menjadi cepat selesai, masalah teratasi serta silaturahmi juga dapat  terjalin. “Inilah salah satu contoh penerapan bersama kita bisa sebagai jargon Desa Waru,” katanya.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai