Kunjungan Studi Banding Perangkat Desa dari Kabupaten Sukoharjo di Desa Waru

waru.desa.id, WARU, – Pemerintah Desa Waru menerima kunjungan kelompok perangkat desa  dari Kabupaten Sukoharjo, sabtu 12 mei 2018. Kepala Desa Waru beserta perangkat Desa menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut sekitar pukul 09.00 wib di kantor Desa Waru. Sebanyak 12 orang  terdiri dari perangkat desa diantaranya kaur keuangan desa dan juga beberapa pegawai PNS kecamatan di Kabupaten Sukoharjo.

Kunjungan Studi Banding Perangkat Desa dari Kabupaten Sukoharjo

Tim Pendamping Desa di Kecamatan Slogohimo

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding dan ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Waru dalam tata kelola administrasi keuangan desa serta penyusunan perencanaan tahunan, karena Desa Waru termasuk salah satu desa yang pencairan dana desa nya lebih awal atau cepat di Kabupaten Wonogiri pada tahun ini serta dalam penyusunan perencanan  dan pengelolaan sudah bagus dan telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru) memberikan sambutan

Dalam sambutannya Bapak Wisnu Sejati selaku Kepala Desa Waru mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan juga dan terima kasih atas kedatangannya dan berharap agar acara studi banding ini dapat memberikan pengetahuan dan dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang masalah di desa. kemudian memaparkan kondisi Desa Waru serta bagaimana cara mengatur kinerja perangkat desa agar dapat bekerja semaksimal mungkin sehigga tata kelola Pemerintah Desa Waru menjadi lebih baik.

Pendamping Desa, Bu Parmi menjelaskan beberapa hal terkait pengelolaan siskeudes

Kemudian tambahan dari Ibu Parmi selaku Pendamping Desa di Kecamatan Slogohimo, beliau menerangkan bahwasanya Desa Waru ini salah satu desa pilot siskeudes di Kecamatan Slogohimo dan juga salah satu dari 3 Desa di kabupaten Wonogiri yang sudah lancar dalam pengaplikasian siskeudesnya.

Camat Slogohimo, pak Khamid Wijaya memberikan sambutan kepada rombongan studi banding

Selanjutnya penyampaian dari Bapak Khamid Wijaya selaku Camat Slogohimo yang turut hadir dalam acara ini, beliau menerangkan bahwasanya mungkin kondisi di Wilayah Sukoharjo tidak jauh berbeda dengan di wilayah Wonogiri atau khusunya Slogohimo ini, yaitu masih sebagian kecil yang tata kelolanya sudah bagus seperti di Desa Waru ini. Beliau mengapresiasi kinerja perangkat desa dan harapannya desa desa lain ikut menyusul.

Alfiyadi (Sekretaris Desa Waru) menerangkan tentang tata kelola serta perencananan penyusunan APBdesa serta pelaksanaanya

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab, sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa yang telah dilaksanakan di Desa Waru serta bagaimana hubungan pemerintah desa dengan pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait lainnya dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada penyusunan laporan laporan. Kepala Desa Waru bersama Bapak Alfiyadi (Sekretaris Desa) dan juga perangkat desa waru, kemudian membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut di desa dengan detail sehingga para peserta memahami dengan hasil diskusi ini dan dapat menerapkan apa yang didapat di Desa Waru ini untuk diterapkan di desa masing-masing.

Heni Purwanti (Kaur Keuangan) dan Yuliani (Kaur Umum & Perencanaan) berdiskusi dengan salah satu peserta studi banding

Setelah acara diskusi selesai, acara kemudian ditutup dengan pemberian  cinderamata oleh kelompok perangkat desa  dari Kabupaten Sukoharjo kemudian dilanjutkan acara makan dan ditutup dengan foto-foto bersama.

 

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai