Pembagian Kartu Tani dan Rapat Koordinasi dengan Petani di Desa Waru

waru.desa.id, WARU – Sebanyak 94 orang petani yang terdaftar dalam daftar penerima kartu tani di Desa Waru hari ini 7/5/2018 mendapat kartu tani,  ini adalah gelombang dua dari kartu tani yang sudah dibagikan kepada petani di Desa Waru pada pertengahan tahun 2017. Kegiatan pembagian kartu tani ini sekaligus dengan acara rapat koordinasi antara Petugas  Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Slogohimo, KUD Sukma Slogohimo selaku distributor pupuk bersubsidi untuk wilayah Desa Waru, serta Gapoktan Tani Makmur dan Kelompok Tani Desa waru.

Rapat Koordinasi dan pembagian Kartu Tani

Kepala Desa Waru, Wisnu Sejati mengatakan kartu tani yang dibagikan kepada setiap petani ini sebagai upaya  menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani agar tepat sasarannya, beliau menambahkan perlunya komunikasi antara gapoktan, kelomtan serta KUD sukma selaku distributor untuk penyaluran pupuk kedepannya karena sebagian masyarakat masih kebingungan menerapkan penggunaan kartu tani ini.

Wisnu Sejati (Kepala Desa Waru) memberikan keterangan mengenai distribusi pupuk dengan kartu tani

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Imam, menuturkan, kartu tani dari BRI untuk menghindari penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah kepada petani. Meski begitu, para petani  perlu bimbingan dan pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sehingga penggunaannya tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan petani yang tercantum dalam RDKK yang diajukan oleh kelompok tani. beliau juga menjelaskan untuk pembagian kartu tani ini dari pihak BRI menyerahkan kepada PPL untuk dibagikan kepada petani di Desa Waru sesuai daftar yang sudah diberitahukan sebelumnya.

Samino selaku Pengurus KUD Sukma Slogohimo mengatakan untuk kedepannya distribusi pupuk bersubsidi ini dapat berjalan dengan lancar antara KUD dengan Kelompok Tani yang ada di Desa Waru mengingat sebelumnya ada miskomunikasi sehingga distribusi pupuk ini sempat tersendat dan tidak lancar yang mengakibatkan petani di Desa waru sedikit Resah.

Pembagian Kartu Tani kepada Petani di Desa Waru

Dari 94 orang yang terdaftar, 31 orang dari Kelompok tani Sumber Tirto Dusun Sanan dan 63 orang dari Kelompok tani Tri Mulyo Tani Dusun Butuh, dan kurang lebih ada 7 orang terdaftar yang belum mengambil kartu tani ini dikarenakan sedang merantau di luar Daerah.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai