Kegiatan Bersih -Bersih Makam di Desa Waru Menjelang Bulan Ramadhan

waru.desa.id, – Salah satu kegiatan  gotong-royong masyarakat di Desa menjelang bulan ramadhan salah satunya adalah kegiatan bersih-bersih makam/tempat pemakaman umum desa.  Begitupun di Desa Waru ini, kegiatan warga untuk membersihkan makam ini dilaksanakan sejak pagi sekitar pukul 08.00. (29/4/2018)

warga masyarakat desa gotong royong membersihkan area makam

Antusias warga dalam kegiatan ini sangat bagus dilihat dari jumlah orang yang turut serta kerja bakti, dengan membawa peralatan seperti cangkul, sabit, dan kering . dengan peralatan yang dibawa warga masyarakat mulai membersihkan rumput dan tanaman yang tumbuh liar di area makam desa.

Ada yang memotong tanaman yang tumbuh liar dengan  menggunakan sabit, ada juga yang membersihkan rumput dengan cangkul. Sebagian lainnya mengumpulkan rumput dan batang pohon yang kering untuk dibakar. dengan semangat kebersamaan hasilnya makam yang cukup luas itu dapat dibersihkan dalam waktu singkat, sebelum tengah hari, kerja bakti telah selesai,

istirahat sambil mengobrol antar warga

Di Desa Waru terdapat dua makam umum:  satu terletak di Dusun Waru dan yang satu di Dusun Butuh, kegiatan ini diikuti oleh semua warga baik itu nWarga Dusun Waru, Dusun Sanan, Dusun Gaton yang membersihkan area makam waru serta warga Dusun Butuh yang membersihkan area makam butuh, selain menjaga kebersihan makam dari rumput dan ilalang yang tinggi  kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi antar warga serta kerja bersama, selain itu warga dapat saling bertemu dan tatap muka langsung, sehingga akan terjalin rasa kebersamaan antar warga.

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai