Kerja Bakti Sebagai Tradisi Kegiatan Desa

waru.desa.id, POJOK NDESO – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu. Kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Kerja Bakti Warga membersihkan saluran irigasi

Di Desa Waru khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi sawah dan kegiatan kegiatan lainnya.

Dengan kerja bakti ini dapat dilihat hasilnya berupa kebersihan dan lingkungan yang rapi serta meningkatkan kedekatan kerjasama antar warga masyarakat khususnya masyarakat Desa Waru, untuk itu kegiatan kerja bakti ini terus dilestarikan karena merupakan salah satu warisan budaya masyarakat desa yang banyak manfaatnya sehingga kita sebagi generasi penerusĀ  harus menjaga kegiatan kerja bakti ini.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai